Insiden ambruknya jembatan gantung yang menghubungkan Kampung Sindai, Desa Pajagan, Kecamatan Sajira, dengan Kampung Pasir Eurih dan mengakibatkan 45 siswa Sekolah Dasar jatuh ke sungai pada Maret lalu, tentu masih lekat d iingatan kita. Fakta bahwa buruknya infrastruktur masih menjadi hambatan dan tantangan bagi anak bangsa untuk beraktifitas bahkan menuntut ilmu, tentunya patut menjadi perhatian kita bersama dan menuntut kerjasama semua pihak untuk memperbaikinya. Karenanya program ini bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata demi mendukung aktifitas masyarakat dan juga para generasi penerus negeri ini untuk menuntut ilmu.

Sementara itu, 14% Populasi dunia atau sekitar 1 miliar jiwa masih mempraktikan kebiasaan buang air besar sembarangan, dengan Indonesia berada pada posisi 10 teratas dalam daftar Negara dengan penduduk terbanyak melakukan buang air besar sembarangan. Indonesia Sanitation Sector Development Program (ISSDP) menyebutkan, dari 230 jiwa yang tinggal di area urban, hanya ¾ nya yang memiliki jamban. Ini menjadi keprihatinan kami agar bisa berkontribusi untuk negeri. Karenanya, kami Penerima Beasiswa LPDP PK 33 Suryanara, ingin memberikan kontribusi nyata bagi negeri, dengan membangun jembatan dan fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) bagi warga.

Pembangunan jembatan merupakan salah satu program unggulan kami, dimana angkatan PK-33 LPDP akan bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Relawan Kampung, serta pemerintah daerah dan beberapa pihak terkait yang berpengalaman dalam kegiatan pembangunan prasarana untuk masyarakat secara mandiri. Secara teknis, Relawan Kampung mengirim tenaga ahli dan desain serta bahan yang diperlukan. Masyarakat lokal akan diajak bergotong royong dengan persetujuan perangkat desa setempat. Pembangunan jembatan dilakukan di Desa Jayasari yang terletak di Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten, berpenduduk sekitar 800 jiwa yang tersebar di empat kampung di dalamnya. Jembatan yang ada saat ini sudah dalam kondisi tak layak dan berdasarkan pengamatan dari teknisi LSM Relawan Kampung, jembatan ini dapat putus sewaktu-waktu.

Jembatan gantung desa Pedes merupakan satu dari banyak jembatan di Lebak yang mengalami hambatan dana. Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebak hanya mampu menanggung perbaikan 14 jembatan dalam satu tahun.[1] Melihat masalah penting yang terbengkalai ini, bantuan untuk pembangunan jembatan di Kabupaten Lebak, Banten adalah hal yang tepat untuk dilaksanakan. 

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu            : 30 Mei-30 Juli 2015

Tempat           : Kampung Pedes, Desa Jayasari

Selanjutnya adalah, Pembangunan jamban Sehat bagi Warga. Ini merupakan program pengabdian masyarakat yang kami buat untuk membantu warga agar bisa memilik fasulitas Mandi Cuci Kakus (MCK) yang layak. Lokasi pembangunan dilaksanakan di kampung Leuwibilik, desa tajur, kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, dimana terdapat fasilitas MCK umum yang digunakan oleh 3 RT di area tersebut namun sudah tidak layak, sebagaimana bisa terlihat pada gambar di atas. Kampung Leuwibilik (RW. 06) memilikil 5 RT dan terdiri dari 110 Kepala keluarga, dengan jumlah penduduk mencapai 2000 jiwa.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu            : 14 -17 April 2015

Tempat           : kampung Leuwibilik, desa tajur, kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor

Sumber Dana

Untuk melaksanakan program ini kamu melakukan penggalangan dana baik dari peserta penerima beasiswa LPDP PK 33, perusahaan dan sejumlah pihak lainnya, baik perusahaan ataupun individu. Informasi kami sebarkan melalui berbagai akun media sosial, blog, website hingga pendekatan langsung. Bagi anda yang ingin bergabung bersama kami, untuk membantu anak negeri menjembatani mimpi mereka dan menciptakan Indonesia bersih & sehat, silakan  menyalurkan bantuan anda melalui rekening bendahara angkatan PK 33 Suryanara, sebagaimana tercantum pada gambar.

Mari Bersama Membuat Perubahan untuk Negeri!

One Comment

  1. Pingback: Project: #indonesiapintarsehat Update! | Suryanara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.