Applying Sudent Visa Tier 4 for UK: Ngurus sendiri? Kenapa Nggak ☺

Short intro, saya Johannes Natanael Sianturi (Jojo), awardee LPDP yang tergabung di PK-33, Suryanara. September 2015 akan melanjutkan studi ke University of Leeds, mengambil program MSc International Marketing Management.

Awalnya sama seperti mayoritas teman-teman yang akan melanjut ke Inggris, kepala saya langsung terasa tidak enak saat mendengar kata visa. Ya, semua orang pasti merasa mengurus visa itu ribet –apalagi yang bukan visa visit, yang mestinya lebih sederhana.

Pada dasarnya, di zaman serba mudah ini, ada agen pendidikan tinggi yang menyediakan jasa pengurusan visa seperti IBEC, IDP, dan SUN. Kabarnya, jika mendaftar universitas via lembaga-lembaga tersebut, pengurusan visa sudah otomatis tertera di daftar tugas para konsultan di sana (dengan atau tanpa biaya tambahan).

Karena sudah pernah mengurus visa Schengen untuk short-visit tahun 2013, saya merasa tertantang untuk mengurus student visa Tier 4 (General) regardless ingatan saya yang sudah kurang tajam perihal sistematika pengurusan visa.


 

Sebelum mengurus visa, berikut adalah hal-hal yang perlu dipastikan statusnya:

  1. Sertifikat bebas TBC
  2. Sudah menerima CAS dengan data yang benar (bagi yang butuh ATAS pastikan ATASnya sudah keluar dan sinkron dengan CAS)
  3. Ada kartu kredit yang limitnya tidak kurang dari 15 juta rupiah
  4. KK dan Akte lahir sudah diterjemahkan di penerjemah tersumpah[i]
  5. Ijazah dan Transkrip juga harus ada versi bahasa Inggris-nya. Biasanya kampus menyediakan layanan terjemahan dokumen ini
  6. Dokumen lainnya:
  • Passport (jika ada yang lama, dibawa juga)
  • 2 lembar foto ukuran 3,5 x 4,5 latar putih (foto di Photobooth VFS juga bisa, Rp. 45.000)
  • Sertifikat IELTS
  • Letter of Guarantee atau Letter of Sponsorship bagi yang menerima beasiswa
  • Print-screen email IHS
  • Booking flight (optional)

Selalu bawa dokumen asli dan copy (1 rangkap saja), pisahkan semua dokumen asli dan dokumen copy.

P.s. prioritaskan poin 1,2, dan 3, karena ketiganya membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dokumen lain yang biasanya sudah ada, tinggal digandakan.


 

Kalau hal-hal tersebut sudah dipastikan ada, lanjut ke menu utama, APPLYING VISA.

  1. Buka halaman ini, https://www.visa4uk.fco.gov.uk/account/register
  2. Daftar agar punya akun, kemudian akan dapat email konfirmasi, lalu log in.
  3. Sebelum mulai aplikasi visa, harus bayar IHS (Immigration Health Surcharge) dulu. Akan ada dialog box menanyakan “jika kamu berasal dari negara yang wajib bayar IHS dan belum bayar IHS silahkan mulai pendaftaran di sini.” Klik saja, ikuti langkahnya, intinya harus tau start date dan end date perkuliahan (ini ada di CAS). Jangan lupa, nama jangan sampai salah. Untuk harga IHS yang harus dibayarkan, akan ada sistem kalkulasi otomatisnya juga, so you don’t need to worry. Setelah data terisi semua, silahkan bayar. Notification email dan official IHS number akan mendarat di inbox, pertanda sudah IHS sudah terdaftar.
  4. IHS sudah, sekarang saatnya kembali ke halaman apply visa. Log in lagi (atau kalau sudah automatically logged out). Pilih “Apply For Myelf” –di atas kiri.
  5. Isi isian singkat (hanya 1 halaman). Nomor paspor harus sama dengan yang di CAS. Date of intended travel bebas, bisa maksimal 1 bulan sebelum start date kuliah –bagi yang lama kuliahnya di atas 6 bulan. Visa sub type, Tier 4 (General) (Sponsored) bagi penerima beasiswa di luar Chevening Scholarship or Fellowship, a British Marshall Scholarship, a Fulbright Scholarship or a Commonwealth Scholarship and Fellowship Plan. Klik “Create Application” lalu yang muncul seperti ini: Screen Shot 2015-06-17 at 9.37.33 PM
  6. Nah, langsung klik “Go To Application”

Akan ada 6 bagian isian seperti ini:

Screen Shot 2015-06-17 at 4.37.09 PM

Karena isian dari part 1 sampe par 6 ada banyak, ada 87 nomor, I won’t elaborate each of the numbers, just the crucial ones, okay?

 PART 1 

10 Issuing authority Nama pejabat yang menandatangani paspor.
17 Date of planned arrival in the UK tanggal berapa aja sesuai keinginan, tidak binding kok, bisa berubah jika galau, namun usahakan jaraknya –jika ada kemungkinan ganti, maksimal 3 hari lebih awal/ setelahnya. 
19 Main address mayoritas mahasiswa biasanya belum pasti tinggal di mana, the best way to fill this out adalah tulis alamat kampus (school/ fakultas) lengkap dengan nomor telepon dan email –karena required. Kalau tidak di line 1 ketik “Not yet confirmed” juga tidak apa-apa, lalu isi email dan nomor admission center.

 

 

PART 2

32 Travel history Kalau di 31 milih YES, silahkan ketik beberapa rekam jejak perjalanan, minimal yang ada cap visa saja, karena kalau yang cap ASEAN masuk akan letih dalam mengisi daftar.
33 UK National Insurance Number NO. Ini berbeda dengan IHS
34 – 39 Criminality check Kalau mau permohonan visanya tidak diterima silahkan pilih YES.
40 Interview Language Bebas, bisa bahasa apa aja yang tersedia di dialog box. Ini untuk interview visa, most likely.

 

PART 3

Isian standar, yang penting jangan typo, berpaculah ke KK.

 

PART 4

8 out of 10 students will tick NO.

 

PART 5 (Merujuk ke CAS!)

55 License number Ada di CAS bagian Sponsor Details, be careful, ini bukan nomor CAS loh ya! 
56 Sponsor’s name: Nama kampus e.g. University of Leeds 
57 Full Address: Google nama kampus –bila perlu langsung school e.g. Leeds University Business School, di daftar pencarian pertama akan ada data lengkapnya, masukin sebisanya di line 1 sampai 4. As for email address, bisa masukkin email admission yang ada di CAS (biasanya di bagian paling bawah)
60 Level of the course: Lihat section “course level” dan “secondary course leveldi CAS. Saya mengisinya seperti ini: QCF_NQF, TAUGHT POSTGRADUATE
64 Address of the main study Sama dengan nomor 57 
66 Have you been assessed by the sponsor by other means NO. Unless di CAS, bagian “Evidence used for offer” tertulis bahwa you have been assessed by other means. Tenang, most of the students milih NO kok. 
67 Minimum language requirement Tergantung CAS, kalau nilai IELTS tertera, silahkan pilih IELTS; jika tidak dan tertulis “Higher Education Institution (HEI) sponsor has made assessment. No evidence required.” di section qualification evidence atau English evidence, pilih “Your Sponsor is a Higher Education Institution…”
71 Sufficient funds to cover YES
72 Established presence in the UK If you’ve recently studied in UK you may tick yes, if you haven’t tick NO and your life gets much easier.
73 Primary site of study Klik di sini command + F, ketik nama kota kampus anda, jika tidak ada, pilih “Outside the inner London Boroughs”
74 Funding per month Bagi penerima beasiswa LPDP, silahkan tulis sejumlah LA masing-masing; bagi yang tidak, rata-rata di UK menuliskan 1000 – 1200
76 Receive support YES 
77 Financial sponsor’s name Indonesia Endowment Fund for Education (untuk LPDP awardee)
 
78–79 Course fee Disamain saja
80 Maintenance fee Sama dengan Nomor 74 
81 Remaining fees due for payment: NO, bagi yang fully sponsored dan guaranteed. 
82 Money in your own name YES, bagi yang fully sponsored dan guaranteed. –Pihak sponsorship membuatkan akun bank atas nama kita.
83 Original documents showing evidence of funds Letter of Guarantee/ Letter of Sponsorship 
84 CAS 30
85 Maintenance 10
86 Total 40Harus demikian, penjelasan? Klik di sini 

 

PART 6

87 Any other information Jika ada dokumen yang namanya berbeda, jelaskan di sini. Jika pernah di-refuse karena hal sederhana, jelaskan di sini dan beg them to approve this application. Intinya yang discussable dan perlu untuk diketahui pihak UK Visas officers silahkan tuliskan dengan format bebas. Jika tidak ada, tuliskan, none.

6. Akan ada menu Bimetric Residence Permit (BRP) Collection. Untuk mengisinya, silahkan google “post office branch ‘nama kota tujuan’”, akan muncul daftar tabel: location, branch, address, dan postcode; just to make sure, lihat di google map, cari direction terdekat dengan calon tempat tinggal atau minimal kampus, lalu tuliskan nomor postcode-nya di bagian sponsor address postcode, dan klik confirm.

7. Kembali ke menu utama, klik sign declaration. Hanya menuliskan nama dan tangal (kalau tidak salah), ada kotak yang harus di tick pertanda data di form sudah benar dan diisi dengan jujur. Setelah proses ini, form tidak akan bisa diganggu gugat, so be careful and do double, even triple check.

8. Kembali ke menu utama, klik book appointment. Tips: pilih jam terpagi, agar segala proses aplikasi visa bisa selesai dalam satu hari.

9. Kembali ke menu utama, saatnya bayar membayar. Biasa loh, seperti bayar online shopping lainnnya, pastikan limit cc masih cukup.

10. Kembali ke menu utama, klik print application. Now the filled form is in your hand, jangan lupa print appointment juga di fase yang sama. You are ready to visit VFS!


 

That’s how you complete your Student Visa Tier 4 for UK! Now, you are ready to undergo the document submission, biometric photo, and interview. Untuk kisah yang terjadi saat D-day appointment saya, silahkan klik di sini.

 

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, feel free to contact me at jojonael [at] suryanara [dot] org.

BEST OF LUCK! 

Johannes Natanael Sianturi
Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP PK-33
MSc International Marketing Management, University of Leeds

Referensi:

http://www.welfare.qmul.ac.uk/documents/leaflets/immigration/135544.pdf

https://renardxaviero.wordpress.com/2014/08/29/membuat-visa-student-uk/

 

 

[i] Info penerjemah tersumpah:

UNGGUL TRANSLATOR:

Jl. Otista III No. 177

021 850-3944

  • Biaya penerjemahan dokumen Rp. 50.000/lembar dokumen
  • Hasil terjemahan bisa diambil dalam 1 hari, atau besoknya
  • Pengambilan bisa diwakilkan
  • Kalau ada yang mau translate dengan kirim e-mail, bisa ke [email protected] .com (hasilnya akan dikirim via pos)
  • Kalau mau menggandakan hasil terjemahannya, dikenakan biaya tambahan perlembarnya Rp. 10.000
  • Hasil terjemahan akan disimpan di database Unggul Translator maksimal 3 bulan setelah diterjemahkan. Jadi, kalau sewaktu-waktu butuh dokumen hasil terjemahan itu, instead of bayar Rp. 50.000, cukup bayar 10.000/lembar saja
  • Pembayaran bisa langsung atau transfer
  • Setiap email yang dikirim harus dikonfirmasi, agar pengerjaannya lebih cepat.

 

 

 

35 Comments

  1. Bang Jojo, mau tanya yang diterjemahkan hanya KK dan Akte lahir saja-kah? Btw, itu rekomendasi penterjemahnya dari mana? diakui-kh oleh British Embassy? Terima kasih.. ^_^

    Silvia
  2. Johanes,

    Apa bisa kita selesaikan applikasi VISA nya dulu (bayar online sekalian), diprint out, lalu kita pergi check TBC di RS?

    atau di sertifikat TBC itu ada nomor yang harus kita gunakaan untuk pengisian form sewaktu kita apply VISA online sehingga kita harus check TBC duluan?

    Trimakasih dan mohon jawabannya yaa..

    1. Hallo, bisa saja demikian karena memang nomor sertifikat TBC tidak dibutuhkan dalam pengisian form online. Hanya saja, jika seseorang positif TBC, orang tersebut tidak akan bisa melanjutkan aplikasi visanya. Sehingga, lebih baik make sure that everything is alright first, baru mulai aplikasi visa. Toh paling lama 2 hari sudah dapat hasil tes TBC.

    1. Hi Mas Andi, kemarin pakai paspor hijau. Saya kurang tahu kalau paspor biru bisa lebih cepat atau ngak, but most likely sama aja, unless Mas menggunakan paket priority (kena additional cost kalau ga salah 2,5 juta), biar bisa selesai dalam 5 hari kerja. Kalau yang std, sekitar 10 hingga 15 hari kerja.

  3. Pingback: Kisi-kisi Aplikasi Visa Pelajar Inggris (Tier 4 General Student) | Wara-Wiri Tika We

  4. Mas, saya ada masalah dengan Kartu Keluarga
    pertama, kartu keluarga saya yg baru, karena pindah alamar. Sedangkan alamat di paspor dan KTP masih seperti di KK yg lama
    kedua, ada typo nama Ibu di akte lahir saya, yang harusnya pake “f” jadi pake “p”.

    selain kedua masalah diatas, semuanya sudah lengkap, Cas, Los, Ielts, TBC, IHS, Passport, Foto, Surat sponsor dari lpdp, ijazah, dan stranskrip

    Pertanyaan saya, apakah kedua masalah tersebut diatas akan mempengaruhi iya tidaknya visa saya disetujui? Kalau ya, dimanakah saya harus bertanya, mendapat penjelasan dan solusinya? misal di UK embassy.

    Saya sangat berterima kasih atas jawaban dari suryanara.org nantinya.

    Salam hangat

    M. Ainur Rizqi

    1. Karena kesalahannya minor, coba kedua hal tsb dijelaskan di additional information (di form visa).

      Kalau mau nanya2 ttg aplikasi visa ke official, boleh ke VFS di Kuncit, atau simply titip pertanyaan ke teman yg akan ke VFS utk submit dokumen dan intrerview. Good luck!

      –Jojo

  5. Hello mas,

    saya mau tanya dong. Saya semalem apply visa tier 5 (international agreement). Sudah bayar IHS (640 USD) dan sudah terima email konfirmasinya. Tapi pas mau bayar application fee nya (360 USD), pemabayaran saya ditolak (mungking dana ga cukup atau limit hari itu sudah lewat). Karena sudah malem banget, jd applikasi nya saya tutup. Pagi ini saya coba buka lagi laman aplikasi itu dan coba bayar yg 360 USD, tp ga bisa katanya aplikasi saya yg dgn kode itu sudah tidak berlaku lagi. Trus skrg sy harus gimana? dan biaya IHS yg sudah saya bayarkan gimana? Waktu saya mepet cuma sampai akhir bulan karena sudah harus mulai tugas disana. Thanks for any help.

    Narumi
  6. Hai mas… Klo misalnya ijazah sy hilang. Boleh ga ya apply visanya pake surat pengganti ijazah ? Apa hal ini perlu sy tuliskan juga ke bagian Any Other Information? Thanks before…

    Nita
    1. Hi Mbak Nita,

      Saya ga tau pasti, coba titip tanya ke teman yang akan ke vfs, agar lebih pasti. Tapi kalau sempat ngurus ijazah ke kampus, rasanya lebih baik.

      Kalau memang harus pakai surat keterangan, sebaiknya dituliskan di box any other info itu. Good luck!

      –Jojo

      1. Maaf, mas. Tp putih itu kan mengacunya ke kertas foto yg berwarna putih. Sedangkan di poin kedua ada kalimat: diambil dgn latar belakang light grey atau cream.

        Seperti ini kalimatnya:
        -in colour on plain white photographic paper.
        -taken against a plain cream or light grey background.

        Irma
  7. Pak Jojo, Translate KK dan akte kelahiran seandainya pakai balai bahasa kampus kita bekerja boleh dipakai ga ya? dari hasil translatenya ada cap Balai bahasa tapi bukan sworn translator. Terimakasih atas jawabannya.

    Dewanto
  8. hy mas, aku mau nanya..kebetulan aku juga tertarik banget kuliah di university of leeds lagian jurusan yg aku mau ambil memang cuma ada di university of leeds, aku mau lanjut MSc international hospital management tapi aku kayaknya mau ngurusnya melalui agen pendidikan tinggi soalnya aku masih tidak mengerti sama sekali tentang gimana kuliahnya di sana. apa mas bisa merekomendasikan agen pendidikan untuk kuliah di leeds university? soalnya aku dah nyari di internet, gak ada tuh yg partner sama leeds university,siapa tau aja akuna yg gak ketemu,hehe mhn bantuannya..terima kasih

    muh
  9. Pingback: Kisi-kisi Aplikasi Visa Pelajar Inggris (Tier 4 General Student) | Lentera Dipantara

  10. Halo Mas Johannes,

    Perkenalkan saya Dani, sedang proses membuat visa untuk studi S3 di UK. Rencana Istri saya akan ikut saya, setahun setalah saya settle di UK. Saya ingin menanyakan mengenai biaya IHS. Mengenai IHS yang harus dibayarkan istri saya, apakah jumlahnya sama dengan yang saya bayarkan, walaupun istri saya baru ikut dengan saya setelah masa studi dan visa saya berjalan 1 tahun?

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,

    Dani

    Britanto Dani Wicaksono
    1. Hallo Mas Dani,

      Menurut informasi di sini, dependant harus bayar sesuai cost main applicants, tapi tidak diterangkan kondisi jika dependant tidak datang bersamaan dengan main applicant. Jadi, dependant, more likely akan bayar sesuai dengan durasi stay mereka di UK (berarti minus setahun dari yang Mas bayar). Untuk lebih jelas, mungkin bisa mas pastikan di VFS saat akan mengurus visa Mas. Semangat!

  11. Halo mas Jo, perkenalkan saya dedih. Saya rencana ngambil s2 di UK mas. Mas mau nanya itu lama bikin visa 10-15 hari itu terhitung sejak bikin aplikasi online sampe kita ngambil visa nya ya mas?
    Terus, kan akte saya sudah bilingual, apakah masih harus ditetjemah ke sworn translator kah?
    Terima Kasih
    Salam
    Dedih Suandi

    Dedih Suandi
  12. Pingback: Tragedi Visa UK : IHS Gagal, Isi Formulir Bermasalah dan Berserah Diri |

  13. Pingback: Tragedi Visa UK : IHS Gagal, Isi Formulir Bermasalah dan Berserah Diri | Saradhane

  14. Pingback: STEP BY STEP DETAIL MEMBUAT VISA TIER 4 STUDENT UK SENDIRI – LENGKAP ALA KIKY EDWARD – Kiky Edward

  15. Mas Jojo, salam kenal. Mohon izin tanya, apa betul LoG harus asli dan diambil di LPDP sebagai syarat urus VISA? Apakah ada info Lurah LPDP University of Leeds 2018? Terima kasih banyak. Sukses

    Santosa Sandy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *