Oke, pada kesempatan ini saya mau share sedikit tentang bagaimana memilih housing di Belgia. Kalau teman-teman sudah mengantongi LOA dari universitas yang dituju, ada baiknya teman-teman menanyakan kepada contact person universitas tersebut apakah disediakan fasilitas dormitory (asrama) untuk student. Beberapa universitas menyediakan fasilitas tersebut, tapi ada juga yang tidak. Sebagai contoh di University of Antwerp, fasilitas dorm disediakan hanya untuk short term student (exchange student) yang durasi tinggalnya 3-6 bulan (kalau lebih dari itu tidak bisa perpanjang kontrak terus lho). Kedua, cek juga lokasi kampus tempat teman-teman akan berkuliah ada di mana. Beberapa universitas memiliki lokasi yang berbeda-beda. Sebagai contoh lagi, University of Antwerp memiliki pusat di Stadscampus dengan beberapa ‘satelit’ yang terletak di Paardenmarkt, Mutsaard, Merksem, Drie Eiken, Groenenborger, Middelheim, Zuid, dan Hoboken. Jadi pastikan lokasi housing yang dituju cukup dekat dengan kampus yang akan menjadi ‘basecamp’ kita.

Cara memilih housing di Belgia cukup mudah karena para pemilik housing (landlord/landlady) diwajibkan untuk mendaftarkan housing yang mereka miliki di website http://www.studentkotweb.be/en atau https://www.gate15.be/en. Hal ini untuk menjamin kualitas dan keamanan housing yang akan ditempati, terutama bagi international student yang tidak memiliki akses untuk survey langsung ke housing yang akan dituju. Untuk referensi, saya menggunakan Kotweb.

Housing 1

Kita bisa menentukan kriteria yang sesuai dengan keinginan kita. Di Belgia, dikenal 3 jenis housing yang bisa ditempati : kot/room (ini yang paling mirip dengan kos di Indonesia), studio, dan apartment. Semakin luas kamar dan lengkap fasilitas yang diberikan, serta letak yang dekat dengan kampus, maka biasanya harga sewa akan semakin mahal. Untuk wilayah Antwerp, kot/room berkisar antara 300-350 EUR, studio 400-550 EUR, dan apartment 550-750 EUR. Fasilitas standar yang biasanya didapatkan berupa air panas, listrik, internet, dan room heater. Dapur dan kamar mandi ada yang terletak di dalam kamar, ada juga yang di luar (shared).

Housing 2

Kalau sudah menentukan kriteria, klik show on list (untuk tampilan seperti di bawah) atau show on map (untuk tampilan seperti googlemap). Kemudian kita bisa mulai melihat satu per satu housing yang tersedia.
Housing 3

Housing 4

Tips and trick :

  • Public transport di Belgia sudah teratur dan setiap jalan ada jalur khusus untuk sepeda dan pejalan kaki. Jadi sebisa mungkin pilih lokasi housing yang berjarak antara 1-2 km dari kampus sehingga masih bisa ditempuh dengan jalan kaki kalau tidak mau naik sepeda atau bus. Jangan lupa juga konsultasi dengan contact person dari kampus mengenai letak housing tersebut, biasanya mereka akan memberikan masukan yang sangat berguna.
  • Salah satu culture shock bagi saya adalah mengenai kamar mandi. Belgia (dan mungkin rata-rata negara barat lainnya) memiliki letak toilet yang terpisah dengan shower room dan… mereka terbiasa menggunakan tisu for you know what. Jadi bagi kalian yang terbiasa dengan prosesi guyur-mengguyur atau semprot-menyemprot after doing number 1 or 2, jangan lupa bawa gayung atau botol khusus untuk melakukannya…hehehe…
  • Perhatikan harga yang tercantum di website karena ada beberapa housing yang hanya mencantumkan harga kot/room tanpa harga fasilitas tambahan lainnya. Sebaiknya pastikan ke landlord/landlady berapa jumlah yang harus dibayarkan per bulan.
  • Ada biaya garansi kamar yang besarnya kurang lebih harga sewa 1-2 bulan. Biaya ini adalah sebagai jaminan bahwa kita tidak akan merusak fasilitas yang ada di dalan housing dan bila masa kontrak sudah habis tanpa perpanjangan, uang tersebut akan dikembalikan bila kondisi tempat yang kita sewa sama dengan pada saat kita datang.
  • Jangan ragu untuk menghubungi landlord/landlady meskipun tertulis language : Dutch. Rata-rata landlord/landlady memiliki international student dalam housing mereka so most of them do speak English meskipun ada yang lancar ada yang tidak. Teman-teman juga bisa sampaikan kalau masih belum menguasai bahasa Belanda (just in case). Bila tidak ada foto kamar yang tercantum di website, kita bisa meminta landlord/landlady untuk mengirimkan foto tersebut via email.

Akhirnya inilah kamar yang saya dapatkan untuk 1 tahun ke depan…

Housing 5

Sekian dulu untuk tema housing. Semoga ini bisa bermanfaat bagi teman-teman.

Yessika Adelwin Natalia
BPI LPDP PK-33
Master of Epidemiology, University of Antwerp, Belgium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.