Mungkin bagi beberapa orang di Indonesia melanjutkan kuliah ke Denmark terdengar cukup asing dan baru. Jika dihadapkan pada opsi kuliah ke Eropa, maka negara negara seperti UK, Belanda, Jerman dan Prancis masih menjadi idola bagi para pencari ilmu dari Indonesia. Meski Denmark kurang populer sebagai negara tujuan studi, Denmark memiliki beberapa institusi riset dan universitas terkemuka dengan kredibilitas tinggi di wilayah Skandinavia seperti University of Copenhagen, Aarhus University, DTU, Aalborg University yang dapat dijadikan pilihan untuk meneruskan jenjang pendidikan kedepannya.

Lalu jika kita berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di negeri kelahiran Niels Bohr ini dokumen imigrasi apa saja yang harus diurus dan bagaimana prosedur pengajuannya?

Secara umum jika kita hendak kuliah ke Denmark , khususnya untuk mengambil program Master, maka setelah mendapatkan unconditional LoA dari universitas dan membayar tuition fee maka pihak universitas akan mengisi bagian 2 dari formulir Residence Permit  dan mengirimkannya ke aplikan untuk dilengkapi. Berikut adalah tahapan yang harus dilalui sebelum menyetorkan formulir aplikasi:

  1. Mengisi bagian ST 1 dari formulir Residence Permit

Form ST 1 akan dikirimkan via email oleh pihak universitas.Tugas kita adalah mengisi dan menandatangani bagian 0-9 dari formulir ini

ST

  1. Membuat Case Order ID

Agar aplikasi kita diproses oleh pihak imigrasi Denmark, maka kita wajib membuat Case Order ID melalui website: www.newtodenmark.dk/fee. Setelah mendapatkan Case Order ID jangan lupa tuliskan nomor tersebut pada form ST 1.

  1. Membayar Case Order ID

Biaya yang dikenakan untuk memproses ID berbeda-beda tergantung dari kategori yang ingin kita daftar, untuk kategori Studi S2 dan S3 pada tahun 2015 besarannya adalah DKK 1.750. Biaya ini harus kita lunasi sebelum menyetorkan aplikasi permohonan Residence Permit.

  1. Mempersiapkan dokumen berikut ini:
  • LoA Unconditional
  • Bukti pembayaran tuition fee
  • Kartu Keluarga
  • Akte Kelahiran
  • Fotokopi paspor bagian depan dan belakang serta halaman yang terdapat cap imigrasi (jika pernah bepergian keluar negeri sebelumnya)
  • Print out Case Order ID
  • Ijasah dan terjemahannya (sudah dilegalisir)
  • Letter of Guarantee

(*semua dokumen diatas sediakan dalam bentuk fotokopi berwarna)

  • Foto berwarna ukuran 3,5×4,5 dengan latar belakang putih
  • Paspor asli
  1. Semua dokumen diatas beserta form aplikasi ST 1 diserahkan ke Visa Application Centre yang ditunjuk kedutaan  dengan membayar biaya aplikasi tambahan dan dilanjutkan dengan pengambilan data biometrik.

Setelah menyetorkan semua dokumen maka kita tinggal menunggu disetujuinya Residence Permit kita oleh pihak kedutaan. Semoga tulisan ini dapat sedikit membantu menambahkan informasi bagi yang berencana melanjutkan kuliah di negeri yang selalu masuk dalam jajaran The Happiest Country in The World.

Ni Putu Indah Yanuwiarti

Food Innovation and Health, University of Copenhagen

 

 

 

4 Comments

  1. Hai kak, perkenalkan saya ulfah. Saya sedang dalam proses aplikasi ke program food innovation and health UCPH (sudah saya kirim aplikasinya, masih under treatment) dan saya juga sekaligus dalam proses seleksi lpdp. Kalau kakak berkenan, saya ingin menanyakan perihal living allowance dr lpdp utk negara tujuan denmark. Kl diperbolehkan, saya ingin meminta alamat email kak ni putu indah yanuwiarti.

    Terimakasih.

    Salam,
    Ulfah

    Ardhika Ulfah
    1. Hi mbak
      Saya kebetulan ingin melanjutkan studi di copenhagen tahun depan. Dan kebetulan saya juga ingin menanyakan hal yg sama seperti yg mbak tanyakan. Kalau mbak sudah dapat informasi tolong kabari saya, trims

      Rendi
  2. informasinya lumayan membantu, mbak Indah …
    saya berencana berangkat ke Denmark tahun ini, ada yang mau saya tanyakan mengenai residence permit student ke Denmark,
    untuk Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran, apakah harus dilegalisir juga? dan diterjemahkan juga ke dalam bahasa inggris?
    apakah persyaratan ini berlaku juga untuk family member (spouse) bagi yang membawa keluarga?

    terimakasih

    AJI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.