Siaran Pers “Jembatan Harapan Suryanara untuk Warga Desa Jayasari, Banten”

Lebak, 5 Agustus 2015 – Peserta Program Persiapan Keberangkatan Angkatan 33 (PK-33), penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Republik Indonesia yang menamakan dirinya Suryanara menyadari pentingnya kesempatan belajar yang sama untuk seluruh anak Indonesia. Suryanara memiliki fokus kepedulian terhadap salah satu hambatan pendidikan yang banyak terjadi di daerah pedalaman, yaitu akses transportasi yang kurang memadai sehingga menyulitkan anak-anak untuk mencapai sekolah mereka. Suryanara tergerak untuk melakukan kegiatan sosial berupa penggalangan dana untuk kemudian membangun jembatan beton sebagai pengganti jembatan gantung yang rusak di Desa Jayasari, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten, bekerjasama dengan LSM Relawan Kampung.

Jembatan yang dibangun oleh Suryanara dinamakan “Jembatan Harapan Suryanara”. Jembatan ini merupakan pengganti jembatan gantung yang terbuat dari kayu yang telah lama berdiri di atas sungai Ciaduri dan kondisinya sudah sangat memprihatikan. Beberapa waktu yang lalu jembatan gantung tersebut menjadi tumpuan hidup warga setempat walaupun kondisi jembatan itu sendiri sangat membahayakan untuk digunakan. Tanpa keberadaan jembatan tersebut, warga setempat harus menempuh jalan memutar sejauh 10 km untuk bisa keluar desa.

Jembatan Harapan Suryanara dibangun dari material beton dengan balok gelagar baja. Jembatan ini berukuran panjang 12 m dan lebar 2.5 m; serta didesain untuk dapat dilewati pejalan kaki dan motor, yang diharapkan dapat menunjang akses transportasi masyarakat Desa Jayasari.

Pembangunan “Jembatan Harapan Suryanara” dimulai dengan peletakkan batu pertama pondasi pada tanggal 10 Mei 2015 yang lalu dan membutuhkan waktu pengerjaan selama 3 bulan. Desain jembatan diajukan oleh LSM Relawan Kampung, dan kemudian ditinjau ulang oleh tim Pembangunan Jembatan Harapan Suryanara, dibantu oleh insinyur sipil independen, serta Mata Garuda (ikatan alumni penerima Beasiswa LPDP RI). Total biaya pembuatan jembatan ini adalah sebesar Rp 180.000.000,- yang dikumpulkan oleh Suryanara dari donasi dan sponsorship. “Kami mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung pembangunan jembatan ini. Terima kasih juga kepada Bank Tabungan Negara sebagai sponsor dan para donatur yang telah berkontribusi” ujar Ahmad Itqonul Himam Rantau, Ketua Angkatan Suryanara.

Pembangunan jembatan selesai pada awal bulan Agustus 2015. Acara peresmian jembatan dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Agustus 2015 dengan dihadiri oleh 17 orang Suryanara, 1 orang peserta PK LPDP Angkatan 36, 2 orang peserta PK LPDP Angkatan 38, dan 3 orang peserta PK LPDP Angkatan 39, serta Bapak Sayuti selaku Ketua Paguyuban Warga. Puncak acara diisi dengan sambutan dari Direktur Utama LPDP, Eko Prasetyo, pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng oleh Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial Kementerian Sosial RI, Drs. Andi Hanindito, M.Si.

Di tengah acara, Eko Prasetyo menyampaikan, “Dengan beasiswa LPDP, Indonesia ke depannya diharapkan punya generasi emas yang bisa membangun bangsa, sebuah harapan bagi bangsa. Jembatan ini menunjukkan harapan, sebuah simbol kontribusi bagi masyarakat,” Acara peresmian Jembatan Harapan Suryanara ditutup dengan pelepasan balon harapan oleh anak-anak SD setempat, yang merupakan simbol terbukanya kesempatan bagi para tumpuan masa depan bangsa untuk menerbangkan cita-citanya setinggi mungkin. Suryanara berharap agar Jembatan Harapan Suryanara dapat dimanfaatkan dengan maksimal sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan taraf kehidupan warga Desa Jayasari.

———————————————————–selesai——————————————————–

 

Tentang LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah Badan Layanan Umum (BLU) yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 252/PMK.01/2011 tanggal  28 Desember 2011 dan ditunjuk sebagai pengelola dana abadi pendidikan berdasarkan UU Nomor  2 tahun 2010 tentang APBN-P 2010. LPDP memberikan kesempatan beasiswa magister  dan doktor, beasiswa tesis dan disertasi, beasiswa  afirmasi,  beasiswa  spesialis kedokteran,  dan beasiswa  presiden.  Selain  itu, LPDP juga memiliki misi menjadi last resort mendukung rehabilitasi  fasilitas  pendidikan yang rusak akibat  bencana  alam  melalui   pengelolaan  dana cadangan pendidikan. Ikatan alumni penerima Beasiswa LPDP bernama Mata Garuda.

 

Tentang  Persiapan  Keberangkatan (PK)

Persiapan Keberangkatan (PK)  merupakan  program  pembekalan  yang  diselenggarakan  oleh LPDP bagi para Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang  bertujuan memberikan penguatan terhadap pola pikir dan penanaman nilai-nilai bagi peserta agar dapat menjunjung tinggi idealisme, integritas, kemandirian;  memiliki pengaruh yang signifikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara; memiliki komitmen  untuk  berusaha  menjadi pemimpin  masa depan bagi Indonesia  yang  mandiri  dan bermartabat.

 

Tentang  Suryanara

Surya dalam Bahasa Sansekerta berarti Matahari dan Nara dalam bahasa yang sama artinya adalah Manusia. Secara keseluruhan Suryanara berarti Cahaya yang menjadi harapan dan dapat mencerahkan serta bermanfaat bagi manusia dan lingkungan sekitarnya. Berawal dari filosofi dan harapan tersebut, Peserta Program Persiapan Keberangkatan Angkatan 33 (PK-33) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengambil nama tersebut sebagai nama angkatan.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

PIC Hubungan Masyarakat Suryanara

Priliantina Bebasari

HP: 0812 9003 2744

Email: [email protected]

Twitter: @PK33_LPDP

Website: suryanara.org

 

Lampiran:

Foto 1: Suryanara beserta warga Desa Jaya bergotong-royong melakukan mobilisasi material untuk pondasi Jembatan Harapan Suryanara pada saat peletakkan batu pertama pondasi tanggal 10 Mei 2015.

Foto 2: Penggalian pondasi Jembatan Harapan Suryanara bekerjasama dengan warga Desa Jaya dan LSM Relawan Kampung pada tanggal 10 Mei 2015

Foto 3: Peresmian Jembatan Harapan Suryanara oleh Direktur Utama LPDP RI Bapak Eko Prasetyo dan Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial Kementerian Sosial RI, Drs. Andi Hanindito, M.Si.

Foto 4: Jembatan Harapan Suryanara di Kampung Pedes, Desa Jayasari, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten merupakan simbol terbukanya kesempatan bagi para tumpuan masa depan bangsa untuk melanjutkan cita-citanya setinggi mungkin

Foto 1 Foto 2 Foto 3 Foto 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *